Blog

Ternyata 5 Negara Ini Menjadi Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

Saat ini, kopi menjadi minuman favorit bagia sebagian banyak kaum milenial dan juga yang tua. Cara penyajiannya pun terus berkembang seiring dengan minat milenial untuk terjun dalam bisnis minuman kopi kekinian.

Kopi biasa dinikmati sebagai pelengkap rutinitas di pagi hari atau di saat bekerja. Selain itu juga bisa dinikmati saat berkumpul bersama teman-teman maupun berkumpul dengan keluarga.

Tapi tahukah kamu? Lebih dari 70 negara memproduksi kopi, tetapi sebagian besar produksi seluruh dunia berasal dari lima negara yang menjadi produsen kopi terbesar di dunia.

5 Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia 

Berikut 5 negara penghasil kopi terbesar di dunia :

1. Brasil

Negara produsen kopi paling top di dunia adalah Brasil dan lebih dari 70 negara memproduksi kopi. Produksi kopi telah memainkan peran penting dalam perkembangan berkelanjutan Brasil dan terus menjadi kekuatan pendorong bagi perekonomian negara.

Pabrik kopi pertama kali didirikan di Brasil pada awal Abad ke-18 oleh pemukim Prancis. Dengan meningkatnya popularitas kopi di kalangan orang Eropa, Brasil dengan cepat menjadi produsen terbesar di dunia pada tahun 1840 dan bahkan sejak saat itu.

2. Vietnam

Meski relatif baru dalam perdagangan kopi internasional, tetapi Vietnam dengan cepat menjadi salah satu produsen terbesar.

Pada 1980-an, Partai Komunis mempertaruhkan masa depan negara pada kopi, dan setiap tahun pada 1990-an, produksi kopi meningkat sebesar 20% hingga 30%, yang sepenuhnya mengubah ekonomi negara ini.

Pada tahun panen 2017/2018, Vietnam menghasilkan 1,76 juta metrik ton kopi.

3. Kolombia

Kolombia disebut punya kopi berkualitas dan menghasilkan 864.000 metrik ton pada tahun panen 2017/2018.

Pada tahun 2008 dan 2009, hujan lebat mengakibatkan tanaman kopi Kolombia dihantam oleh hama daun yang dinamakan karat kopi.

Output anjlok sebanyak 40%, tetapi sejak itu negara mengganti pohon kopi dengan varietas yang tahan hama. Kolombia adalah negara penghasil biji arabika tertinggi kedua di dunia. Jutaan orang di penjuru negeri lebih menyukai rasa kopi Kolombia yang ringan dan pas.

4. Indonesia

Meskipun hampir tidak seterkenal negara-negara lain untuk menghasilkan kopi, tetapi lokasi dan iklim Indonesia membuat negara ini menjadi produsen biji robusta terbesar ketiga di dunia.

Total produksi, robusta dan arabika, adalah 636.000 metrik ton kopi pada tahun panen 2017/2018. Industri kopi Indonesia terdiri dari 1,5 juta petani swadaya dan beberapa operasi skala besar.

Indonesia memproduksi beberapa jenis kopi spesial yang sangat dicari, dan yang paling menarik adalah Kopi Luwak. Dipanen dari kotoran musang, biji kopi ini memiliki rasa yang khas dan unik.

5. Etiopia

Ethiopia berhasil kembali berada di posisi kelima sebagai negara produsen kopi terbesar di dunia pada 2018-2019. Sebelumnya, pada 2016-2017 posisi ini direbut oleh Honduras.

Sementara, pada 2019-2020 Ethiopia diperkirakan akan menghasilkan 384 ribu ton.  Selain itu, Ethiopia adalah produsen kopi terbesar di Afrika menurut USDA.

Itulah 5 negara penghasil kopi terbesar di dunia. Sebagai komoditas yang selalu dicari, kualitas kopi yang bagus dan jumlah yang selalu stabil menjadi harapan semua orang. Semoga negara-negara tersebut tetap menjadi negara penghasil kopi terbesar di dunia ya.

 

Sumber :

https://yangter.kontan.co.id/news/5-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-termasuk-indonesia?page=2

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/ineu-nursetiawati/10-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-c1c2/10

https://www.liputan6.com/global/read/4075971/5-negara-ini-jadi-produsen-kopi-terbesar-di-dunia-salah-satunya-indonesia

https://artikel.rumah123.com/10-negara-penghasil-kopi-terbesar-di-dunia-indonesia-di-posisi-berapa-ya-95870

Back to list

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.